rss

03 Oktober 2009

Kerugian PLN Akibat Gempa Rp170 Miliar

Padang (ANTARA News) - PT PLN mengalami kerugian sekitar Rp170 miliar karena kerusakan peralatan jaringan listrik akibat gempa Sumbar yang terjadi Rabu (30/9) lalu.


Kerugian itu akibat hancur dan rusak sebanyak 72 gandu induk listrik, tumbangnya puluhan tiang listrik dan terputusnya kabel-kabel jaringan, kata General Manager PT PLN Sumbar, Doddy Budianto di Padang, Jumat.


Akibat kerusakan itu 350 ribu pelanggan PT PLN di Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Pesisir Selatan mengalami mengalami pemadaman total.


Padamnya aliran listrik sejak gempa terjadi telah menambah suasana di Kota Padang dan daerah lain yang terkena gempa menjadi semakin mencekam karena gelap gulita malam hari serta seringnya hujan turun.


Ia mengatakan, garudu induk yang rusak adalah yang mendistribusikan listrik dari peembangkit-pembangkit dari Lubuk alung (PLTA Singkarak), Simpang haru (PLTD) dan Pauh Lima (PLTG).


Upaya perbaikan gardu-gardu induk itu terus dilakukan dan dilakukan penggantian dengan peralatan baru yang didatangkan dari Sumatra Utara.


Hingga Jumat sore, telah 50 gardu induk yang rusak telah diperbaiki dari 72 yang mengalami kerusakan, kata Doddy.


Saat ini 184 petugas perbaikan didatangkan dari PLN wilayah lain di Sumatra ke Sumbar dan dari Jawa untuk membantu upaya perbaikan jaringan listrik.


0 komentar:


Posting Komentar